My Shout Box

Name :
Web URL :
Message :
:) :( :D :p :(( :)) :x

Anda pengunjung ke:

Senin, 24 Juli 2006

Launching Website Sanggar Seni Seulaweuet


Akhirnya selesai juga situs salah satu Unit Kegiatan Mahasiswa IAIN Ar-Raniry Banda Aceh, yaitu Unit Kegiatan Mahasiswa Sanggar Seni Seulaweut. Sebetulnya udah lama aku persiapkan suatu situs untuk UKM ini, tapi baru akhir-akhir ini baru sempat aku upload ke hosting. Situs ini adalah situs versi 2 yang aku buat untuk sangar ini, versi pertama adalah situs berbasis HTML dan sangat statis karena memang tidak menggunakan script portal apapun, tapi situs versi pertama ini sudah hilang di peredaran karena aku menguploadnya di free hosting yang membatasi limit waktu user account-nya.

Untuk versi 2 ini aku menggunakan script Mambo Open Source (MOS), sangat open dan simple, MOS merupakan salah satu core portal yang terbaik dan beberapa kali mendapatkan penghargaan dari Open Source Award untuk kategori Content Management System (CMS).

Seperti layaknya open source yang lain. MOS juga di dukung oleh para pengembang-pengembang dari berbagai negara, sehingga menjadikan MOS sebagai sistem yang komplit dan lengkap (komplit dan lengkap sama aja kali ya )

Sebetulnya ini bukanlah proyek (caile macam udah prof aja pake kata proyek) situs pertamaku menggunakan mambo, sebelumnya juga pernah membuat situs komunitas fakultas (yang sekarang juga nggak jelas gimana kejelasan angotanya) tempat aku kuliah.

Untuk situs sanggar seni ini sengaja aku tidak menggunakan buku tamu dari Athur Konze (salah satu pengembang MOS) karena trauma (ah…macam korban tsunami aja) aku sempat kesal karena buku tamu di situs vvv-dakwah.net sempat di bom spam oleh orang nggak dikenal, setelah kejadian itu, langsung aja aku blokir dan nggak pernah make lagi tuh guesstbook. Tadinya aku sempat dapat wejangan dari dukun mambo di mambo-id.com tentang cara menangkal spam, tapi beberapa kali aku coba pake mantra (script PHP) yang diberikan dukun itu selalu nggak berhasil dan keluar pesan yang sangat mengerikan ERROR 404 ……

Untung saja di MOS ada komponent wrapper (salah satu komponent yang berfungsi untuk memanggil halaman situs lain kedalam satu frame di situs utama) dan langsung aja aku pasang script guestbook dari promosiweb.com dan berhasil. Buku tamu ini sangat unik, karena semua data masukannya nggak di simpan dalam database SQL tapi dalam satu file (*.dat) jadi nggak akan menjadi beban kapasitas SQL dari hostingan. Dan keuntungan satu lagi adalah free alias open source sehingga dapat dimodifikasi agar sesuai dengan kebutuhan.

Sekarang aku sedang mempelajari bagaimana membuat template yang unik dan khusus untuk situs-situs mambo yang akan aku buat. Karena selama ini jika aku membuat situs berbasis MOS, templatnya selalu aku download dari situs penyedia templat MOS, jadi jangan heran kalo kamu temukan tampilan situs ini mirip dengan situs orang atau lembaga lain.

0 komentar:

Poskan Komentar

Silahkan memberikan komentar terkait dengan isi tulisan di atas. Mohon maaf jika saya terpaksa menghapus komentar yang tidak berhubungan dan/atau terkesan hanya mencari backlink tanpa komentar yang berbobot.